Sabtu, Juni 02, 2012

Kiat Meningkatkan Konsentrasi di Tempat Kerja

Tingkatkan Daya Konsentrasi Anda! Salah satu modal untuk mencapai keberhasilan kerja adalah kemampuan Anda berkonsentrasi. Tanpa hal yang satu ini, suatu pekerjaan rasanya sulit terselesaikan dengan baik. Seandainya selesai pun hasilnya tidaklah maksimal. Coba Anda bayangkan, bagaimana Anda bisa bekerja dengan baik jika pikiran Anda bercabang kemana-mana? So, konsentrasi adalah hal penting dalam melaksanakan aktivitas Anda. Menurut psikolog di Amerika Milton Wright, kemampuan berkonsentrasi berdampak positif pada penguasaan situasi, efisiensi, dan penyelesaian masalah. "Ukuran keberhasilan seorang manusia adalah sejauh mana ia dapat berkonsentrasi," ungkap Wright. Bagaimana jika daya konsentrasi Anda lemah? Jangan khawatir, kelemahan ini toh bukan 'harga mati' untuk mencapai keberhasilan. Ada beberapa langkah yang akan membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi. Coba ikuti beberapa saran dari Robert J. Lumsden dalam bukunya 'Sukses Menuju Sukses dan Prestasi' berikut ini: Cegah segala macam gangguan Setiap kali Anda akan beraktivitas cegah semua kemungkinan yang dapat mengganggu. Misalnya jika Anda tidak bisa bekerja di tengah suara bising, matikan TV, radio, dan hindari orang-orang obrolannya menimbulkan dengungan, atau hal lain yang menimbulkan suara berisik. Kalau perlu tuliskan di komputer Anda "Di Larang Berisik..!" Lupakan masalah sebelumnya Saat memulai aktivitas, lupakan masalah sebelumnya. Misalnya, pagi tadi sebelum berangkat kerja, Anda bertengkar hebat dengan pasangan. Usahakan selesaikan masalah Anda itu. Kemudian, setiba di kantor cobalah untuk melupakan masalah yang mengganggu tersebut. Fokuskan pikiran hanya pada pekerjaan. Untuk membantu konsentrasi Anda, buatlah sketsa yang relevan dengan sukyek atau obyek yang akan Anda hadapi. Antisipasi kebosanan Salah satu musuh dari konsentrasi adalah kebosanan. Rasa bosan, membuat konsentrasi Anda terpecah. Pikiran mengembara dan ilusi pun berkembang liar. Untuk mengantisipasi kebosanan ini, buatlah jeda waktu selama kerja. Karena rasa bosan biasanya merasuk jika Anda bekerja terlalu lama. Maka, setiap satu jam sekali, beristirahatlah selama lima sampai sepuluh menit dan kerjakan sesuatu yang berbeda. Dengan demikian, pikiran Anda lebih fresh dan mudah konsentrasi. Buang pikiran negatif Salah satu hal yang merusak konsentrasi Anda adalah pikiran kotor atau negatif. Maka enyahkan berbagai pikiran negatif yang akan merusak diri Anda. Pikiran seperti, "Saya tidak bisa", "Saya tidak mampu", atau "Aduh nanti gagal...", harus Anda buang jauh-jauh dari otak Anda. Karena semua pikiran negatif ini akan melemahkan semangat, mengendorkan motivasi yang akan berdampak pada lemahnya konsentrasi. Maka yakinlah dengan kekuatan dan potensi Anda. Songsong pekerjaan dengan pikiran positif, katakan "Saya mampu...!" So, jika konsentrasi menjadi rahasia kesuksesan dan keberhasilan Anda, mengapa Anda tidak mengusahakannya? Percayalah daya konsentrasi yang prima disertai komitmen, tanggung jawab, dan kesungguhan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Selamat berkonsentrasi...! (Sumber: astaga.com)
lintasberita

Tidak ada komentar: