Senin, Juni 04, 2012

TEKNIK PENULISAN KREATIF


Teknik Penulisan Kreatif
Oleh: Abdul Qodir Shaleh

             
Apa itu buku?
& Buku adalah gudangnya ilmu.
& Buku itu murah, namun kaya gizi dan manfaat bagi kehidupan jasmani dan ruhani kita.
& Buku itu bisa mengubah seseorang, memberikan kehidupan, dan menjadikan orang yang biasa menjadi ruarrrr biasa!
& Buku adalah cermin kecerdasan seseorang, suatu negeri, dan bahkan suatu banga.
& Buku adalah simbol intelektualitas, kreativitas, dan idealitas!

Yang “harus” dalam sebuah buku
& Buku harus bersifat informatif, persuasif, edukatif, transformatif, menggugah, dan mencerdaskan.
& Buku harus mampu menggerakkan pikiran, menggugah pembaca, dan memprovokasi pembaca.
& Buku harus mampu menghadirkan fungsi. Fungsi hadir, akan memberikan manfaat. Dan hadirnya manfaat pasti akan menggugah dan mengubah para pembacanya, termasuk sang penulis itu sendiri!

Menulis? Ada apa denganmu?
& Menulis adalah pekerjaan sepele, tapi sangat berat godaannya!
& Menulis adalah hal gampang, tapi sangat sulit mewujudkannya!
& Jangan jadikan menulis sebagai profesi, karena itu akan membuat Anda terbebani, stres, dan tidak bisa hidup dengan nyaman!
& Menulis itu harus dijadikan hobi, jadi Anda akan merasa nyaman dan rileks dalam mewujudkannya.
& Tumpahkan segala permasalahan hidup Anda ke dalam tulisan, niscaya Anda akan merasa lega-lega-lega dan lega.
& Curahkan ide Anda ke dalam tulisan, karena ketahuilah ide itu hanya datang sekejap dan tidak akan berulang kembali!
& Kalau Anda ingin menjadi penulis terkenal, siapkan mental, jasmani, ruhani, dan segala energi yang Anda punya untuk menulis apa saja, kapan saja, di mana saja, dan sekarang juga!

Bagaimana memulai menulis buku?
& Ingat! Menulis adalah dunia ide, gagasan, dan perasaan. Jadi, Anda harus menghadirkan ketiganya itu kapan saja dan di mana saja jika Anda ingin menulis!
& Untuk menghadirkan ide, Anda harus memerhatikan dua hal: (1) Ingatlah, dunia ide itu tidak selalu datang dengan sendirinya, karena hanya ada sedikit saja yang akan tiba-tiba muncul di hadapan Anda, sedang sisanya harus Anda cari sendiri!; (2) camkan bahwa dunia ide datangnya hanya sekejap, karena itu tulislah!
& Karena ide tidak datang dengan sendirinya menghampiri Anda, maka Anda harus menciptakannya! Caranya:
v  Banyak membaca buku, karena buku adalah sumber ide yang paling besar! Kiat membaca buku efektif:
-          Tolong tulis di pintu kamar Anda: Jangan Ganggu Saya! Artinya, buatlah suasana yang kondusif untuk kelancaran proses membaca Anda.
-          Setelah terbentuk suasana yang kondusif, Anda harus sabar, telaten, tekun, gigih, dan bersungguh-sungguh dalam memelototi dan mengurai setiap kata, kalimat, dan bab perbab sehingga akan jelas makna dan ide besar yang dikandung buku itu!
v  Perbanyaklah “membaca” di luaran. Artinya, Anda harus bisa gaul, mampu menempatkan diri di tengah-tengah masyarakat, di segala tempat dan juga waktu. Karena di sanalah biasanya ide itu akan muncul!
v  Perbanyaklah membaca informasi, berita, dan hal-hal informatif lainnya.
& Kalau Anda sudah menemukan ide, dan Anda tergerak untuk mencurahkannya ke dalam sebuah buku, maka cobalah Anda kembangkan dalam bentuk kerangka atau outline alias daftar isi. Baru setelah itu membuat tema besar dan seterusnya judul yang menarik, ringkas dan padat dari buku Anda itu.
& Setelah kerangka penulisan selesai dibuat, Anda harus mulai berburu buku-buku yang sesuai dengan yang akan Anda bahas atau buku penunjang tema yang akan Anda buat. Dan mulailah baca dengan tekun sehingga Anda akan punya gambaran atau referensi yang jelas tentang apa yang akan Anda jabarkan dalam buku Anda nantinya.
& Setelah itu, mulailah menulis sesuai dengan kerangka yang telah Anda buat dan jabarkan segala imajinasi dan ide Anda yang telah didapat dari proses membaca tadi, baik membaca buku maupun membaca di luaran.

Bagaimana membuat buku yang bisa menggerakkan dan menggugah pembaca?
Salah satu fungsi buku adalah menggerakkan pikiran dan menggugah pembaca untuk mengubah dunia, karena itu Anda harus memerhatikan hal-hal berikut ini kalau Anda ingin menulis sebuah buku:
& Tema tidak menentukan apakah sebuah buku itu menggugah atau tidak. Tema hanya menentukan selera atau kegemaran kita saja dalam menuliskan atau menjabarkan ide kita.
& Untuk membuat buku yang menggugah dan menggerakkan pembaca, kita harus mampu menjabarkan dan menguraikan segala ide kita dengan PENALARAN yang baik. Penalaran itu diungkapkan dalam kalimat-kalimat yang tersusun yang biasa disebut paragraf. Tulisan yang baik harus menghindari salah nalar. Salah nalar adalah gagasan, perkiraan, kepercayaan, atau simpulan yang keliru atau sesat. Pada salah nalar, kita tidak mengikuti tata cara pemikiran dengan tepat. Telaah atas kesalahan itu membantu kita menemukan logika yang tidak masuk akal dalam tulisan.
& Hal lain yang patut diperhatikan adalah DIKSI atau PILIHAN KATA. Kita tidak boleh memakai kata-kata yang ambigu atau membingungkan. Misalnya, kata bisa yang berarti dapat dengan bisa yang berarti racun ular. Untuk menghindarinya, kita harus akrab dengan kamus bahasa atau kamus istilah yang secara khusus menjelaskan makna kata secara akurat dan tepat.
Penalaran + Diksi yang Baik = Buku Menggugah!
& Sebuah buku akan semakin menggugah bila penyampaiannya disajikan melalui sistematika penyampaian gagasan yang tepat. Artinya, penulis harus memerhatikan koherensi atau pertautan antarkalimat, antarparagraf, antarbab, dan antarbagian.
& Struktur yang koheren mengandung tiga hal penting, yaitu: (1) seperangkat kelompok informasi yang dapat dibedakan satu sama lain; (2) sambungan-sambungan yang dapat mengikat kelompok-kelompok informasi tersebut; dan (3) suatu tema yang memberikan makna secara keseluruhan dan memberi bentuk pada suatu tulisan.
OKE, demikian sekelumit seluk beluk membuat buku. Ini hanya manual,  dan dunia tulis menulis itu adalah dunia yang tidak bisa dimanualkan. Silakan Anda kembangkan sendiri sesuai dengan imajinasi dan kreativitas Anda masing-masing serta dengan kecenderungan dan kesenangan Anda! Menulis itu fun, dan tidak akan pernah terealisasi jika kita tidak dalam keadaan fun! Selamat menulis dan mengubah dunia!
Meretas Kata, Mengurai Makna, Mengubah Dunia
lintasberita

Tidak ada komentar: